*** SELAMAT DATANG *** Ini adalah blog pribadi yang dikelola secara independen oleh Netter desa Mintobasuki kec. Gabus kab. Pati. Blog Mintobasuki Gabus Pati bukanlah blog resmi pemerintahan desa Mintobasuki. Blog ini tidak ada hubungan dalam bentuk apa pun dengan organisasi, kelompok dan kepentingan tertentu di desa Mintobasuki. Artikel-artikel yang disajikan adalah tulisan lepas yang berisi uneg-uneg, ide, pemikiran, opini pribadi penulis dan pernik-pernik terkait desa Mintobasuki.

Selasa, 24 Juli 2012

Mintobasuki Sehat Alami (bag 5): Kumis Kucing Stabilkan Gula Darah


Tanaman berkhasiat kategori fitofarmaka selanjutnya adalah kumis kucing yang nama latinnya Orthosiphon stamineus atau Orthosiphon aristatus. Kumis kucing biasa dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan karena warna dan bentuk bunganya yang unik. Tapi tahukah anda kalau ternyata tumbuhan kumis kucing menyimpan khasiat yang banyak untuk kesehatan. Kumis kucing bersifat diuretik (peluruh kencing), antiradang, menghancurkan batu di saluran kencing dan penurun panas.
Secara empiris, tanaman kumis kucing dipakai sebagai penyembuh gangguan ginjal, batu ginjal, nyeri sendi, kencing berdarah, memperlancar fungsi ginjal, asam urat, batuk, encok, masuk angin, sembelit, radang ginjal, kencing manis dan sifilis.

Senyawa aktif yang terkandung dalam kumis kucing adalah saponin, polifenol, flavonoid, sapofonin, myoinositol, orthosipon glikosida, minyak asiri dan garam kalium.
ANTIHIPERTENSI
Uji klinis campuran antara seledri dan kumis kucing ternyata efektif mengatasi hipertensi. Seledri bersifat calsium antagonis yang memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah sedangkan kumis kucing bekerja sebagai betha blocker yang berpengaruh terhadap tekanan darah dan serangan jantung.
Selain itu, uji pra klinis juga pernah dilakukan oleh Pusat Pengkajian dan Penerapan Teknologi Farmasi dan Medika, Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terhadap tikus percobaan. Dan terbukti bahwa campuran ekstrak daun salam dan kumis kucing mampu menurunkan tekanan darah pada hewan percobaan.
PELURUH BATU KANDUNG KEMIH
Zat-zat aktif  pada kumis kucing yang berperan dalam pelarut batu ginjal adalah sinensetin, glikosida, saponin, sapofonin, orthosiphon glikosida, garam kalium dan myoinositol.
RESEP
Peluruh kencing.
Daun kumis kucing segar sebanyak 1/4 genggam direbus dalam 1 gelas air. Didihkan hingga tersisa 1/2 gelas. Angkat, dinginkan, lalu saring. Diminum 2 kali sehari dan tiap kali minum 1/2 gelas.
Gangguan Ginjal
Daun kumis kucing  (11 lembar)
Kencur yang sudah tua (5 biji)
Jahe merah  (1 lari tangan)
Beras direndam dulu selama 3 jam (1/4 gelas)
Cara membuat:
Semua bahan dicuci sampai bersih, lalu direbus bersamaan dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Angkat dan saring. Ramuan ini diminum 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas sesudah makan. Jika setelah 1 minggu ada perkembangan membaik, teruskan lagi selama 1 minggu. Selama mengikuti terapi pengobatan penderita gangguan ginjal harus berpantang kopi, teh kental, makanan berlemak dan bersantan, dan mengurangi garam.
Stabilkan gula darah.
Daun kumis kucing  (11 lembar)
Daun sambiloto segar (11 lembar)
Kulit pohon pule (3 jari tangan)
Daun pegagan (17 lembar)
Cara membuat:
cuci semua bahan, lalu rebus dalam 5 gelas air hangga tersisa 4 gelas. Angkat lalu saring. Minum 3 kali sehari 2/3 gelas sesudah makan. Lakukan selama 3 minggu. Cek kadar gula darah, jika sudah stabil, dosis bisa diturunkan menjadi 2 kali sehari.
Sumber: Herbal Indonesia Berkhasiat, Bukti Ilmiah dan Cara Racik. Trubus info kit vol. 08.
Sumber gambar: harianjogja.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
*MUTIARA HADITS NABI SHOLLALLOHU 'ALAIHI WA SALLAM* Abu Sa'id al-Khudri mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda, "Apabila seorang hamba (manusia) masuk Islam dan bagus keislamannya, maka Allah menghapuskan darinya segala kejelekan yang dilakukannya pada masa lalu. Sesudah itu berlaku hukum pembalasan. Yaitu, suatu kebaikan (dibalas) dengan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat; sedangkan kejelekan hanya dibalas sepadan dengan kejelekan itu, kecuali jika Allah memaafkannya."(HR BUKHARI) Anas رضي الله عنه mengatakan bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda, "Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah' dan di dalam hatinya ada kebaikan (7 - di dalam riwayat yang mu'alaaq: iman [17] ) seberat biji gandum. Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di dalam hatinya ada kebaikan seberat biji burr. Dan, akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di hatinya ada kebaikan seberat atom."(HR BUKHARI)