*** SELAMAT DATANG *** Ini adalah blog pribadi yang dikelola secara independen oleh Netter desa Mintobasuki kec. Gabus kab. Pati. Blog Mintobasuki Gabus Pati bukanlah blog resmi pemerintahan desa Mintobasuki. Blog ini tidak ada hubungan dalam bentuk apa pun dengan organisasi, kelompok dan kepentingan tertentu di desa Mintobasuki. Artikel-artikel yang disajikan adalah tulisan lepas yang berisi uneg-uneg, ide, pemikiran, opini pribadi penulis dan pernik-pernik terkait desa Mintobasuki.

Selasa, 24 Juli 2012

Mintobasuki Sehat Alami (bag 3): Manfaat Temulawak Sebagai Penjaga Stamina


Pada artikel yang lalu kita telah mengupas sedikit manfaat meniran bagi kesehatan. Nah, kali ini kita akan melanjutkan dengan tanaman berkhasiat lainnya, yaitu Temulawak yang istilah latinnya Curcuma xanthorrhiza. Tentu kita tidak asing lagi tanaman yang satu ini yang biasa dipakai sebagai rempah penyedap masakan, dan pemberi warna kuning pada makanan. Temulawak termasuk dalam kategori fitofarmaka.
Temulawak bisa dibuat minuman untuk menjaga kesehatan badan. Sifatnya diuretik, antifungi, tonikum, dan meningkatkan sekresi empedu. Senyawa aktif yang terdapat dalam temulawak antara lain kurkumin, xanthorrhizol, germakron, zat pati, serat kasar, abu, dan minyak asiri. Minyak asiri bisa meningkatkan produksi getah empedu dan mampu menekan pembengkakan jaringan dalam tubuh.

Anti kolesterol dan anti stroke
Badan kesehatan dunia WHO menyatakan, 52% penderita kolesterol diatas usia 40 tahun beresiko terserang penyakit jantung dan stroke saat berusia diatas 50 tahun. Namun kita tidak perlu khawatir karena ada penyakit pasti ada obatnya. Dan ternyata rimpang temulawak terbukti ampuh untuk mengatasi kolesterol tinggi.  Xanthorrhizol pada temulawak dapat mencegah penyumbatan darah ke otak.
Antiplak, antimikroba, dan antibakteri.
Temulawak sebagai antiplak gigi diungkapkan oleh prof Jae Kwan Hwang dan timnya dari departement of Biotechnology Yonsei University. Ekstrak temulawak membuat bakteri Streptococcus, Actinomyces viscosus, dan Porphyromonas gingivalis di gigi mati. Karena keampuhan Xanthorrizol inilah membuat temulawak menjadi alternatif untuk bahan aktif pasta gigi di Korea Selatan.
Antioksidan
Antioksidan sangat penting bagi pertahanan tubuh manusia saat ini karena demikian banyaknya polusi dan pencemaran alam. Temulawak bisa berfungsi menetralisir oksidator di tubuh yang bisa memicu sel kanker sebagaimana yang diungkapkan oleh prof. Sumali Wiryowidagdo, guru besar Farmasi UI. Senyawa aktif yang bertindak sebagai antioksidan adalah flavonoid dan alfatokoferol.
Menurut European Journal of Cancer kurkumin dari kunyit Curcuma longa berfungsi sebagai antioksidan kuat pada kondisi pH netral dan asam.
Hepatoprotektor (pelindung hati).
Temulawak berkhasiat membantu detoksifikasi di hati, melindungi liver, dan sekresi cairan empedu. Zat kurkumin merangsang cairan empedu yang berefek pada lancarnya proses pencernaan. Khasiat lainnya, temulawak berfungsi sebagai antibakteri dan antiradang untuk memperbaiki organ hati yang rusak.
Selain itu temulawak juga berfungsi sebagai antijamur, antiinflamasi, anti plasmodial (penyakit malaria), efek hipotermik, dan efek hipolipidemik.
RESEP TEMULAWAK
Penurun Kolesterol
Rimpang temulawak dibersihkan dari kotoran yang menempel lalu dicuci. Blender bersama sedikit air. Simpang tidak dimasak supaya senyawa aktif kurkuminnya tetap utuh. Hasil blender lalu disaring. Air hasil resapan diminum setiap hari, 1 gelas setiap hari.biasanya dalam waktu 2-3 minggu kemudian kolesterol mulai mendekati angka normal.
Liver dan penjaga stamina
Rimpang temulawak dicuci lalu dikupas. Iris tipis-tipis. Rebus dalam 3 gelas air hingga sisa 1 gelas. Angkat, saring dan dinginkan. Diminum setiap hari masing-masing 1 gelas.
Sumber bacaan : Herbal Indonesia Berkhasiat, Bukti Ilmiah dan Cara Racik. Trubus info Kit. Vol. 08.
Www.trubus-online.co.id
Sumber gambar: herbal-sehat-indonesia.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
*MUTIARA HADITS NABI SHOLLALLOHU 'ALAIHI WA SALLAM* Abu Sa'id al-Khudri mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda, "Apabila seorang hamba (manusia) masuk Islam dan bagus keislamannya, maka Allah menghapuskan darinya segala kejelekan yang dilakukannya pada masa lalu. Sesudah itu berlaku hukum pembalasan. Yaitu, suatu kebaikan (dibalas) dengan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat; sedangkan kejelekan hanya dibalas sepadan dengan kejelekan itu, kecuali jika Allah memaafkannya."(HR BUKHARI) Anas رضي الله عنه mengatakan bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda, "Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah' dan di dalam hatinya ada kebaikan (7 - di dalam riwayat yang mu'alaaq: iman [17] ) seberat biji gandum. Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di dalam hatinya ada kebaikan seberat biji burr. Dan, akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di hatinya ada kebaikan seberat atom."(HR BUKHARI)