*** SELAMAT DATANG *** Ini adalah blog pribadi yang dikelola secara independen oleh Netter desa Mintobasuki kec. Gabus kab. Pati. Blog Mintobasuki Gabus Pati bukanlah blog resmi pemerintahan desa Mintobasuki. Blog ini tidak ada hubungan dalam bentuk apa pun dengan organisasi, kelompok dan kepentingan tertentu di desa Mintobasuki. Artikel-artikel yang disajikan adalah tulisan lepas yang berisi uneg-uneg, ide, pemikiran, opini pribadi penulis dan pernik-pernik terkait desa Mintobasuki.

Senin, 23 Juli 2012

7 Manfaat Internet Untuk Anda


Internet bukanlah sesuatu yang asing untuk saat ini. Di awal era 90-an internet memang masih bisa dikata barang langka. Tapi sekarang tidak lagi, siapa pun bisa menikmatinya dengan mudah dan murah. Dengan ponsel yang support koneksi internet yang banyak dijual di pasaran sudah cukup untuk mengakses layanan ini. Tidak harus pakai desktop atau laptop yang bermodem mahal. Jadi, tidaklah mengherankan jika internet menjadi booming.
Lalu, apa sih manfaat internet? Nah, ini yang akan dibahas. Oke, tulisan berikut akan sedikit mengupas kenapa anda harus kenal internet.
PERTAMA, Untuk mendapatkan informasi yang up to date.
Apakah anda seorang yang selalu haus akan informasi? Apakah anda ingin bisa mengakses berita-berita terbaru dengan cepat, mudah, dan murah? Jika iya, maka internetlah solusinya. Internet, yang di sana ada berlimpah situs-situs penyedia layanan informasi, selalu menyuguhkan berita-berita terbaru dari berbagai belahan dunia. Mulai dari berita politik, ekonomi, kesehatan, sosial, olah raga, pendidikan, teknologi, hiburan dll. Semua informasi-informasi tersebut selalu diperbarui (di update ) hanya dalam hitungan jam.  Sehingga bisa dibilang internet adalah saingan berat bagi media cetak dan elektronik dalam hal menyuguhkan informasi. Misalnya saja vivanews.com, kompas.com, liputan6.com, detik.com dll.
KEDUA, Menambah wawasan ilmu pengetahuan.
Apakah anda ingin mengembangkan skill dan pengetahuan? Atau anda seorang yang cinta ilmu dan teknologi dan ingin mengembangkannya? Jika iya, internet adalah saran yang tepat buat anda. Ribuan pakar dan ilmuwan di seluruh dunia memanfaatkan internet sebagai media publikasi hasil karyanya. Tentu saja sangat mudah untuk mendapatkannya, semudah anda mengklik mouse komputer. Jika anda seorang pecinta ilmu-ilmu komputer misalnya, silahkan buka ilmukomputer.com. Di situ anda akan mendapatkan bergudang tutorial ilmu komputer. Jika anda ingin berwirausaha saya sarankan untuk membuka situs pengusahamuslim.com misalnya, di situ anda akan banyak mendapatkan wawasan baru seputar dunia usaha. Atau jika anda butuh referensi yang lengkap tentang suatu topik tertentu silahkan buka wikipedia.com. Wikipedia adalah ensiklopedia lengkap melebihi Encyclopedia Britanica dan dikembangkan oleh netter di seluruh dunia dan tersedia dalam berbagai layanan bahasa termasuk bahasa Indonesia.
KETIGA, Sharing ilmu pengetahuan dan teknologi.
Apakah anda seorang peneliti, atau praktisi, atau seorang yang ahli di bidang tertentu? Akan sangat sayang jika hasil karya dan pemikiran anda yang brilian hanya disimpan untuk dinikmati sendiri. Biarkan dunia juga mengambil manfaat dari anda. Publikasikanlah karya-karya anda di internet, aktualisasikan eksperimen-eksperimen anda dalam sebuah web, blog. milis, situs jejaring sosial atau yang semisalnya. Jika anda ingin mempublikasikannya dalam bentuk sebuah blog, di internet banyak penyedia layanan hosting untuk blog dari yang berbayar sampai yang gratis. Jika anda ingin layanan hosting gratis silahkan coba blogspot.com, wordpress.com, multiply.com dll. Sebarkan ilmu anda dan selamat berkarya!
KEEMPAT, Personal Branding.
Point ini sangat terkait point ketiga. Personal branding. Ya, bagaimana orang tau kalau anda punya kapabilitas di bidang tertentu kalau anda tidak pernah menunjukkannya? Yakinkan mereka dengan tulisan-tulisan anda bahwa anda memang punya core competency di bidang yang sedang anda geluti. Ini sangat penting bagi citra dan reputasi anda di mata publik. Menulislah, jadikan internet sebagai media pendongkrak image anda. Dalam dunia karir dan bisnis, branding sangatlah penting. Dalam blognya bp. Romi Satrio Wahono mengatakan bahwa awalnya beliau dikenal publik adalah karena terkait aktivitas beliau di dunia maya. Pemikiran-pemikiran beliau yang brilian dituangkan dalam bentuk tulisan yang dapat dibaca siapa saja melalui internet. Dari situlah, kata beliau, publik mulai mengakui kompetensi beliau di dunia Teknologi Informasi.
KELIMA, Media bisnis online.
Apakah anda seorang pengusaha dan ingin memperkenalkan produk-produk anda kepada konsumen? Atau, anda seorang pebisnis dan ingin memasarkan barang dagangan anda full time 24 jam nonstop? Jika iya, cobalah anda pelajari internet marketing. Bisa anda browsing tutorial lengkapnya di internet.
Membuat toko online, misalnya. Keuntungannya:
Biaya promosi lebih murah cukup sewa hosting atau yang gratisan juga ada misal di bursamuslim.com, tokobagus.com, gapurashop dll.
Online 24 jam, tidak dibatasi waktu, bahkan anda tidur pun toko masih buka dan pengunjung bisa melihat produk-produk anda.
Anda tidak butuh sewa tempat atau ruko tapi cukup rumah anda sendiri sebagai gudangnya.
Sudah banyak yang bermain di bisnis online.
Atau jika anda ingin sekedar memperkenalkan eksistensi perusahaan anda cukuplah anda membuat company profile kemudian publikasikan di internet agar khalayak mengetahui keberadaan perusahaan anda. Sekali lagi, dengan biaya yang sangat murah tentunya.
KEENAM, Internet adalah Media Komunikasi.
Dahulu, untuk mengirimkan pesan kepada seseorang di tempat yang jauh, kita harus menuliskannya dalam selembar kertas lalu mengantarkannya ke kotak pos atau datang langsung ke kantor pos jika ingin layanan ekstra. Atau jika ingin layanan VIP kita bisa mengirimkan berita lewat telegram. Tetapi paradigma itu kini berubah, teknologi informasi telah melakukan revolusi besar-besaran bagi dunia komunikasi. Berbagai model dan tipe gadget telah menggantikan peran jasa kurir tersebut. Untuk mengirim pesan di tempat yang jauh tidak perlu menunggu berminggu-minggu, cukup detik ini kirim detik ini juga diterima. Sebut saja Short Message Service (SMS) yang anak SD saja mampu mengoperasikannya dari ponsel. Peran telephone kabel pun sekarang mulai banyak di ambil alih oleh telepon seluler (ponsel), alasannya biaya komunikasi dengan ponsel lebih murah dan lebih mendukung aktivitas yang membutuhkan mobilitas tinggi.
Lalu bagaimana dengan internet? Tentu saja para pengembang tidak akan melewatkan internet sebagai media komunikasi yang potensial. Kita mengenal berbagai layanan e-mail baik dari google, yahoo, MSN dll. Masing-masing menyediakan fasilitas yang beragam. Kita juga mengenal chatting, sebuah komunikasi realtime antar pengguna internet via teks. Anda mungkin juga pernah mendengar Skype yang memungkinkan antar user bisa berkomunikasi secara visual tidak sekedar dengan suara. Di sini anda bisa berkomunikasi dengan siapa pun dari belahan dunia manapun. Biaya? Tentu saja sangat murah, cukup biaya koneksi internet. Coba bayangkan jika anda berkomunikasi dengan rekan anda, keluarga anda atau pun partner anda yang ada di luar negeri via telephone, biayanya sangat mahal bukan?
Contoh media komunikasi yang disediakan internet lainnya adalah situs jejaring sosial yang lagi trend saat ini. Sebut saja facebook, twitter, friendster, google+ dll. Dengan situs jejaring sosial, user bisa saling berkomunikasi dan bertukar informasi antara satu dengan yang lain.
Membangun komunikasi itu sangat penting, baik secara personal maupun kolektif, dan internet sangat memahami realitas ini.
KETUJUH, Mendapatkan penghasilan tambahan.
Mungkinkah mendapatkan uang dari internet? Jawabnya mungkin. Banyak peluang di sini. Tapi butuh kesungguhan, keuletan, dan semangat pantang menyerah. Facebook, anda pasti sangat familiar dengan situs jejaring sosial paling ngetren ini. Dari mana pengembangnya mendapatkan profit untuk membiayai karyawannya? Penghasilan terbesarnya adalah dari program periklanan. Situs yang ramai pengunjung tentu saja menjadi lirikan para pengiklan. Atau, jika anda punya keahlian menulis tak ada salahnya anda mencoba menawarkan karya tulis anda ke situs-situs yang menawarkan jasa pembuatan content. Atau, kalau anda jago desain website bisa saja anda membuka jasa pembuatan website di internet.
Oke! Selamat berselancar di belantara dunia maya.
Sumber gambar: grandparagon.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
*MUTIARA HADITS NABI SHOLLALLOHU 'ALAIHI WA SALLAM* Abu Sa'id al-Khudri mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda, "Apabila seorang hamba (manusia) masuk Islam dan bagus keislamannya, maka Allah menghapuskan darinya segala kejelekan yang dilakukannya pada masa lalu. Sesudah itu berlaku hukum pembalasan. Yaitu, suatu kebaikan (dibalas) dengan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat; sedangkan kejelekan hanya dibalas sepadan dengan kejelekan itu, kecuali jika Allah memaafkannya."(HR BUKHARI) Anas رضي الله عنه mengatakan bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda, "Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah' dan di dalam hatinya ada kebaikan (7 - di dalam riwayat yang mu'alaaq: iman [17] ) seberat biji gandum. Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di dalam hatinya ada kebaikan seberat biji burr. Dan, akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di hatinya ada kebaikan seberat atom."(HR BUKHARI)