*** SELAMAT DATANG *** Ini adalah blog pribadi yang dikelola secara independen oleh Netter desa Mintobasuki kec. Gabus kab. Pati. Blog Mintobasuki Gabus Pati bukanlah blog resmi pemerintahan desa Mintobasuki. Blog ini tidak ada hubungan dalam bentuk apa pun dengan organisasi, kelompok dan kepentingan tertentu di desa Mintobasuki. Artikel-artikel yang disajikan adalah tulisan lepas yang berisi uneg-uneg, ide, pemikiran, opini pribadi penulis dan pernik-pernik terkait desa Mintobasuki.

Minggu, 20 September 2015

Pembuatan Parit Desa Banjarsari


wpid-2015913161130.jpgSejak tanggal 13 September yang lalu satu unit excavator PC200 melakukan pengerukan parit di desa Banjarsari, Gabus, Pati. Parit ini mengelilingi areal persawahan desa Banjarsari yang membentang sekitar 20 hektar yang berbatasan langsung dengan desa Mintobasuki disebelah Barat. Belasan mobil dump truck disiagakan untuk mengangkut tanah galian parit. Di bagian utara, parit tersebut bermuara di sungai Silugonggo.

Parit sedalam sekitar 1,5 – 2 meter dengan lebar sekitar 1,5-2 meter diharapkan mampu mengatasi permasalahan genangan air banjir di saat musim hujan dan menjadi tandon (persediaan) air bagi para petani di saat menjelang kemarau. Ini adalah sebuah langkah strategis dari pemerintahan desa Banjarsari untuk meningkatkan produktivitas pertanian mereka. Selama ini untuk mengairi lahan seluas 20 hektar ini dengan memanfaatkan sebuah mesin diesel yang menyedot air sungai Silugonggo yang dialirkan melalui sebuah pipa paralon. Sejauh ini hasilnya cukup efektif. Setahun mereka bisa panen padi antara 2 sampai 3 kali.
wpid-2015914102901.jpg wpid-2015913161130.jpg wpid-2015914162113.jpg wpid-2015913161659.jpg

Karena letaknya yang berbatasan langsung dengan lahan pertanian warga Mintobasuki RT2/2 diharapkan dengan adanya parit ini nantinya juga bisa mendatangkan kemudahan bagi para warga tani untuk mendapatkan air untuk lahan mereka menjelang musim kemarau. Selama ini warga tani Mintobasuki untuk mendapatkan pengairan lahan harus mengalirkan air dari sungai sejauh hampir 500-an meter. Jika upaya yang ditempuh pemerintahan desa Banjarsari ini efektif tentunya juga akan membawa berkah bagi warga tani Mintobasuki yang lahan persawahannya berdekatan dengan parit tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
*MUTIARA HADITS NABI SHOLLALLOHU 'ALAIHI WA SALLAM* Abu Sa'id al-Khudri mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda, "Apabila seorang hamba (manusia) masuk Islam dan bagus keislamannya, maka Allah menghapuskan darinya segala kejelekan yang dilakukannya pada masa lalu. Sesudah itu berlaku hukum pembalasan. Yaitu, suatu kebaikan (dibalas) dengan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat; sedangkan kejelekan hanya dibalas sepadan dengan kejelekan itu, kecuali jika Allah memaafkannya."(HR BUKHARI) Anas رضي الله عنه mengatakan bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda, "Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah' dan di dalam hatinya ada kebaikan (7 - di dalam riwayat yang mu'alaaq: iman [17] ) seberat biji gandum. Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di dalam hatinya ada kebaikan seberat biji burr. Dan, akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di hatinya ada kebaikan seberat atom."(HR BUKHARI)