*** SELAMAT DATANG *** Ini adalah blog pribadi yang dikelola secara independen oleh Netter desa Mintobasuki kec. Gabus kab. Pati. Blog Mintobasuki Gabus Pati bukanlah blog resmi pemerintahan desa Mintobasuki. Blog ini tidak ada hubungan dalam bentuk apa pun dengan organisasi, kelompok dan kepentingan tertentu di desa Mintobasuki. Artikel-artikel yang disajikan adalah tulisan lepas yang berisi uneg-uneg, ide, pemikiran, opini pribadi penulis dan pernik-pernik terkait desa Mintobasuki.

Selasa, 24 Juli 2012

Mintobasuki Sehat Alami (bag 2): Beragam Manfaat Meniran


Meniran yang istilah latinnya Phyllanthus niruri merupakan salah satu fitofarmaka Indonesia. Seluruh bagian tanaman ini bisa dipakai untuk herbal. Khasiat tanaman ini antara lain:
1. Antituberkulosis
2. Hepatoprotektor (pelindung hati) dan menjaga stamina
3. Bersifat diuretik (merangsang pengeluaran air seni) dan mengobati infeksi saluran kencing
4. Melarutkan asam urat
5. Mengobati sariawan
6. Mengobati gangguan pencernaan dan menambah nafsu makan
7. Mengobati radang usus.

Antibakteri
Meniran mengandung senyawa phyllanthin, hypophyllanthin, niranthin, nietetralin. Senyawa inilah yang mempunyai efek antibakteri terhadap bakteri Staphylococbus aereus, Bacillus subtilis, Escherichia Coli dan Pseudomonas aeruginosa.
Penguat Sistem Kekebalan Tubuh (Immunomodulator)
Meniran sebagai immunomodulator sudah banyak dibuktikan melalui uji klinis di berbagai negara. Sistem kekebalan tubuh yang baik sangat berperan penting dalam menjaga tubuh dari serangan bakteri, virus, dan mikroba.
Antidiabetes
Senyawa aktif meniran yang diduga berperan dalam penurunan kadar gula darah adalah phyllanthin dan hypophyllanthin. Ekstrak air meniran yang diberikan pada tikus yang diiduksi aloksan menunjukkan penurunan kadar gula darahnya.
Hepatitis Kronis
Uji klinis untuk membuktikan bahwa meniran berkhasiat mengatasi hepatitis B sudah pernah dilakukan di RS Soetomo dengan memberikan kapsul meniran 3 kali sehari selama sebulan pada penderita hepatitis kronis. Dan hasilnya positif, pasien membaik. Hasil riset Haowie dalam Journal Laboratory Clinic Medicine menyebutkan bahwa meniran terbukti menghambat kinerja polimerisasi DNA oleh virus hepatitis B dan mengikat antigen virus itu.
Antituberkulosis
Khasiat meniran untuk menyembuhkan TBC pernah dilakukan uji klinis oleh dr. Zulkifli Amin, pakar imunologi TBC dari fakultas kedokteran Universitas Indonesia sepanjang tahun 2000 yang melibatkan 60 penderita usia 15-55 tahun. Setelah dilakukan pengujian dengan memberikan kapsul meniran selama 2 bulan. Terbukti bahwa penderita Tuberkulosis yang diberi kapsul meniran mengalami penurunan jumlah bakteri tahan asam (BTA, yang merupakan salah satu indikator TBC) yang signifikan dibanding penderita yang tidak diberi.
Herbal dari meniran.
ASAM URAT
Bahan:
Meniran Phyllanthus niruri (akar, batang, daun)  (1 batang)
Jahe merah Zingiber officinale  (1 ruas jari)
Cengkeh Syzygium aromaticum (4 butir)
Kayu manis Cinnamomum burmannii (1 ruas jari)
Gula merah (secukupnya)
Cara membuat
Buang kotoran dan cuci bersih bahan herba. Rebus dalam 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Angkat, saring, lalu dinginkan. Minum 2 kali sehari masing masing 1 gelas.
Gastritis (gangguan lambung ringan)
Bahan
Meniran Phyllantus niruri (batang, akar, daun) (1 batang)
Temulawak Curcuma xanthorrhiza sebesar telur ayam (1 biji)
Daun sembung legi Blumea balsamipera muda (3 lembar)
Cara membuat:
Temulawak dikupas kulitnya, dicuci, lalu diiris tipis-tipis. Semua bahan lalu direbus dengan 5 gelas. Matikan api ketika tersisa 4 gelas. Angkat dan saring. Ramuan diminum 3 kali sehari 2/3 gelas sesudah makan. Lakukan rutin selama 2 minggu berturut-turut.
 INFLUENSA
Bahan
Daun meniran Phyllanthus niruri (1 batang)
Daun Sambiloto Andrographis paniculata (1 genggam)
Temulawak/kunyit Curcuma xanthorrhiza (1 jari tangan)
cara membuat
Semua bahan dicuci sampai bersih, lalu diiris tipis tipis. Rebus semua bahan dalam 4 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Ramuan ini sangat baik untuk penderita influensa yang disertai panas. Aturan minum dewasa 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas. Anak-anak umur 6 – 12 tahun masing-masing 1/4 gelas.
WASIR
Bahan
Daun meniran Phyllanthus niruri (6 gram)
Daun keji beling Strobilanthes crispus (6 gram)
Temulawak curcuma xanthorrhiza (3 gram)
Asam kawak Tamarindus indica (1 gram)
Cara membuat
cuci bersih semua bahan. Kupas kulit umbi temulawak dan iris tipis-tipis. Kemudian rebus semua bahan dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Ramuan diminum 3 kali sehari.
OK, ini dulu resep tanaman berkhasiat kita kali ini, jangan kemana-mana, insya Alloh nanti kita sambung lagi dengan jenis tanaman obat yang lain,
Selamat mencoba!!
Bersambung…
Sumber bacaan : Herbal Indonesia Berkhasiat Bukti Ilmiah dan Cara Racik, Trubus infokit.
Sumber gambar: http://www.jamu.biologi.ub.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
*MUTIARA HADITS NABI SHOLLALLOHU 'ALAIHI WA SALLAM* Abu Sa'id al-Khudri mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda, "Apabila seorang hamba (manusia) masuk Islam dan bagus keislamannya, maka Allah menghapuskan darinya segala kejelekan yang dilakukannya pada masa lalu. Sesudah itu berlaku hukum pembalasan. Yaitu, suatu kebaikan (dibalas) dengan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat; sedangkan kejelekan hanya dibalas sepadan dengan kejelekan itu, kecuali jika Allah memaafkannya."(HR BUKHARI) Anas رضي الله عنه mengatakan bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda, "Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah' dan di dalam hatinya ada kebaikan (7 - di dalam riwayat yang mu'alaaq: iman [17] ) seberat biji gandum. Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di dalam hatinya ada kebaikan seberat biji burr. Dan, akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di hatinya ada kebaikan seberat atom."(HR BUKHARI)