*** SELAMAT DATANG *** Ini adalah blog pribadi yang dikelola secara independen oleh Netter desa Mintobasuki kec. Gabus kab. Pati. Blog Mintobasuki Gabus Pati bukanlah blog resmi pemerintahan desa Mintobasuki. Blog ini tidak ada hubungan dalam bentuk apa pun dengan organisasi, kelompok dan kepentingan tertentu di desa Mintobasuki. Artikel-artikel yang disajikan adalah tulisan lepas yang berisi uneg-uneg, ide, pemikiran, opini pribadi penulis dan pernik-pernik terkait desa Mintobasuki.

Jumat, 27 Juli 2012

Di Tepian Silugonggo


Image0950Beberapa hari yang lalu saya menyempatkan diri jalan-jalan ke tepian sungai Silugonggo yang membatasi desa Mintobasuki di bagian barat dengan kecamatan Pati yang sudah di keruk sejak awal Juni lalu. Kondisinya benar-benar membuat saya pangkling. Sungai Silugonggo berubah total. Sungai ini kini tambah lebar, diperdalam dan lebih rapi. Semua pepohonan yang sebelumnya tumbuh rimbun di tepian sungai kini dibabat habis untuk proyek pelebaran sungai. Bahkan kita bisa mengendarai motor dengan nyaman di sepanjang aliran sungai. Dari jembatan ngantru desa Mintobasuki pun sudah kelihatan.
Sekitar 6 alat berat masih disiagakan di Cengek. Lima excavator dan 1 dozer. Ini adalah proyek pemerintah kabupaten Pati untuk memperbaiki kondisi daerah aliran sungai yang sudah cukup parah mengalami penyempitan dan pendangkalan di sana sini. Harapannya, proyek yang sebenarnya sudah berjalan sejak tahun lalu ini bisa menanggulangi luapan sungai yang menjadi penyebab banjir musiman setiap tahunnya. Proyek ini dimulai dari hilir sungai menuju hulu dan sempat terhenti beberapa waktu yang lalu karena sebab teknis.
Warga pun nampaknya sangat antusias dengan proyek ini. Mereka berharap banjir musiman yang banyak merugikan warga tidak terulang lagi paling tidak bisa diminimalisir dampak buruknya. Sebagaimana yang biasa terjadi, banjir telah meluluhlantakkan areal pertanian, menggenangi rumah-rumah penduduk, merusakkan sarana-sarana transportasi dan menimbulkan kerugian yang tidak sedikit setiap tahunnya. Warga seolah apatis dan hanya bisa pasrah dengan musibah ini. Harapan untuk mendapatkan solusi terjawab sudah dengan adanya proyek ini.
Kita tunggu saja, apakah proyek ini nantinya efektif atau tidak. Kita semua berharap proyek ini benar-benar efektif.

0 komentar:

Posting Komentar

 
*MUTIARA HADITS NABI SHOLLALLOHU 'ALAIHI WA SALLAM* Abu Sa'id al-Khudri mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda, "Apabila seorang hamba (manusia) masuk Islam dan bagus keislamannya, maka Allah menghapuskan darinya segala kejelekan yang dilakukannya pada masa lalu. Sesudah itu berlaku hukum pembalasan. Yaitu, suatu kebaikan (dibalas) dengan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat; sedangkan kejelekan hanya dibalas sepadan dengan kejelekan itu, kecuali jika Allah memaafkannya."(HR BUKHARI) Anas رضي الله عنه mengatakan bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda, "Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah' dan di dalam hatinya ada kebaikan (7 - di dalam riwayat yang mu'alaaq: iman [17] ) seberat biji gandum. Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di dalam hatinya ada kebaikan seberat biji burr. Dan, akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di hatinya ada kebaikan seberat atom."(HR BUKHARI)