*** SELAMAT DATANG *** Ini adalah blog pribadi yang dikelola secara independen oleh Netter desa Mintobasuki kec. Gabus kab. Pati. Blog Mintobasuki Gabus Pati bukanlah blog resmi pemerintahan desa Mintobasuki. Blog ini tidak ada hubungan dalam bentuk apa pun dengan organisasi, kelompok dan kepentingan tertentu di desa Mintobasuki. Artikel-artikel yang disajikan adalah tulisan lepas yang berisi uneg-uneg, ide, pemikiran, opini pribadi penulis dan pernik-pernik terkait desa Mintobasuki.

Selasa, 24 Juli 2012

Mintobasuki Sehat Alami (bag 4): Beragam Manfaat Seledri


Tanaman herbal selanjutnya yang masih termasuk kategori fitofarmaka adalah seledri yang mana latinnya Apium graveolens. Tentu pembaca sekalian tidak asing dengan tanaman yang satu ini. Seledri biasa dijadikan sebagai penambah cita rasa pada masakan karena aromanya yang khas. Bisa juga dipakai sebagai lalapan.
Daun seledri bisa diolah menjadi shampo untuk melebatkan rambut. Bisa juga dibuat jus untuk minuman kesehatan. Khasiat lain, seledri bisa dipakai untuk mengatasi wajah berminyak. Bahkan mengkonsumsi seledri bisa membersihkan noda pada email gigi.

Secara empiris, seledri berkhasiat sebagai anti rematik, penenang (sedatif ), meluruhkan air seni (diuretik), dan antiseptik. Senyawa aktif yang terkandung dalam seledri antara lain flavonoid, kaumarin, dan minyak asiri.
ANTI HIPERTENSI
Pada prinsipnya, senyawa aktif pada seledri bisa berperan sebagai calcium antagonis yang memberikan efek relaksasi pada reseptor pembulu darah. Sehingga ketegangan yang ada pada pembuluh darah pada saat tensi naik bisa dikurangi.
ANTIBAKTERI
Minyak biji seledri ampuh mengatasi bakteri seperti Streptococcus faecalius, Bacillus pumilus, Salmonella typhi, Pseudomonas solanacearum, Staphyllococcus typhy, Staphyllococcus albus. Senyawa aktif yang diduga berperan sebagai antibakteri adalah phthalide.
RESEP
Hipertensi
Siapkan 20 batang seledri, cuci bersih. Masukkan dalam panci bersama 2 gelas air. Rebus hingga tersisa 3/4 nya. Angkat, dinginkan lalu minum 2 kali sehari bersama ampasnya.
Penyubur rambut
Sebanyak 10-15 tangkai seledri dicuci, lalu dihaluskan. Setelah keramas, oleskan tumbukan seledri ke kulit kepala dan rambut. Lakukan pemijatan ringan. Kemudian bungkus kepala dangan handuk. Diamkan selama kurang lebih 1/2 jam. Setelah itu bilas hingga bersih. Lakukan secara teratur beberapa kali seminggu.
Rematik
Batang dan daun seledri dicuci sebanyak 1-2 genggam. Cuci bersih seledri, potong kecil-kecil, lalu rebus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Angkat, dinginkan, lalu saring. Minum sekaligus hingga habis. Selain itu gunakan seledri sebagai lalap.
Wajah berminyak.
Sediakan 3 batang seledri. Cuci bersih kemudian iris kecil-kecil, seduh dan tutup. Setelah dingin simpan di lemari es. Menjelang tidur malam, oleskan sari seledri ke wajah yang sudah bersih. Setelah kering baru bilas muka hingga bersih. Lakukan dengan teratur.
Sumber: Herbal Indonesia Berkhasiat, Bukti Ilmiah dan Cara Racik. Trubus info kit vol. 08.
Sumber gambar: zonakuliah.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
*MUTIARA HADITS NABI SHOLLALLOHU 'ALAIHI WA SALLAM* Abu Sa'id al-Khudri mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda, "Apabila seorang hamba (manusia) masuk Islam dan bagus keislamannya, maka Allah menghapuskan darinya segala kejelekan yang dilakukannya pada masa lalu. Sesudah itu berlaku hukum pembalasan. Yaitu, suatu kebaikan (dibalas) dengan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat; sedangkan kejelekan hanya dibalas sepadan dengan kejelekan itu, kecuali jika Allah memaafkannya."(HR BUKHARI) Anas رضي الله عنه mengatakan bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda, "Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah' dan di dalam hatinya ada kebaikan (7 - di dalam riwayat yang mu'alaaq: iman [17] ) seberat biji gandum. Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di dalam hatinya ada kebaikan seberat biji burr. Dan, akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di hatinya ada kebaikan seberat atom."(HR BUKHARI)