*** SELAMAT DATANG *** Ini adalah blog pribadi yang dikelola secara independen oleh Netter desa Mintobasuki kec. Gabus kab. Pati. Blog Mintobasuki Gabus Pati bukanlah blog resmi pemerintahan desa Mintobasuki. Blog ini tidak ada hubungan dalam bentuk apa pun dengan organisasi, kelompok dan kepentingan tertentu di desa Mintobasuki. Artikel-artikel yang disajikan adalah tulisan lepas yang berisi uneg-uneg, ide, pemikiran, opini pribadi penulis dan pernik-pernik terkait desa Mintobasuki.

Rabu, 04 Maret 2015

Jalan-Jalan ke Mintobasuki – Bagian 1


Shahabat Mintobasuki, tahukah anda ini foto Mintobasuki daerah mana?
wpid-2015222100430.jpg wpid-2015222100439.jpg
Di tempat inilah dahulu, sekitar tahun 80-an, aku sering menghabiskan waktu-waktuku bersama teman-teman. Bermain sepeda-sepedaan, kejar-kejaran, petak umpet… Masa-masa yang telah jauh terlewatkan namun belum hilang dari ingatan. Yang tak pernah terlupakan dari jalanan ini adalah: di sinilah dulu pertama kali aku belajar naik sepeda. Dengan pinjam sepeda jengki karatan milik tetangga, tanpa rem, tanpa selebor, tanpa tutup rantai, pedal yang tinggal besinya, aku nekat belajar sendiri dengan ditemani adik perempuanku. Jatuh bangun, babak belur seolah tak terasa kalah dengan nikmatnya angan-angan bisa naik sepeda. Beberapa kali aku harus menabrakkan sepeda itu ke pohon randu atau membenturkannya ke pagar yang ada di tepian pohon jika mau berhenti. Karena aku belum bisa cara menghentikan sepeda. Gelak tawa pun pecah tiap kali aku tersungkur ke semak-semak atau terjerembab ke jalanan yang berdebu. Tiada kata menyerah untuk sebuah cita-cita. Umurku kala itu baru 8 tahun. Sebuah usia yang terlalu ‘tua’ untuk ukuran anak sekarang belajar naik sepeda.
Belum banyak yang berubah dengan tempat ini, cuma jalanan ini yang sekarang dicor semen. Dulu masih tanah biasa dengan rimbunan pohon randu-randu besar dan lulup di kanan kirinya. Kalau musim hujan datang jalanan ini dulunya terkenal licin karena tanahnya lempung dan liat. Ya, inilah jalan desa Mintobasuki RW 2, jalan paling barat dari desa Mintobasuki. Jaraknya tidak jauh dari tepian sungai Silugonggo. Jalan penghubung RT 02 dan RT 01 RW 02. Sekarang nampak tak terawat, banyak rerumputan yang mulai meninggi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
*MUTIARA HADITS NABI SHOLLALLOHU 'ALAIHI WA SALLAM* Abu Sa'id al-Khudri mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda, "Apabila seorang hamba (manusia) masuk Islam dan bagus keislamannya, maka Allah menghapuskan darinya segala kejelekan yang dilakukannya pada masa lalu. Sesudah itu berlaku hukum pembalasan. Yaitu, suatu kebaikan (dibalas) dengan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat; sedangkan kejelekan hanya dibalas sepadan dengan kejelekan itu, kecuali jika Allah memaafkannya."(HR BUKHARI) Anas رضي الله عنه mengatakan bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda, "Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah' dan di dalam hatinya ada kebaikan (7 - di dalam riwayat yang mu'alaaq: iman [17] ) seberat biji gandum. Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di dalam hatinya ada kebaikan seberat biji burr. Dan, akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di hatinya ada kebaikan seberat atom."(HR BUKHARI)