*** SELAMAT DATANG *** Ini adalah blog pribadi yang dikelola secara independen oleh Netter desa Mintobasuki kec. Gabus kab. Pati. Blog Mintobasuki Gabus Pati bukanlah blog resmi pemerintahan desa Mintobasuki. Blog ini tidak ada hubungan dalam bentuk apa pun dengan organisasi, kelompok dan kepentingan tertentu di desa Mintobasuki. Artikel-artikel yang disajikan adalah tulisan lepas yang berisi uneg-uneg, ide, pemikiran, opini pribadi penulis dan pernik-pernik terkait desa Mintobasuki.

Sabtu, 19 Desember 2015

SD Mintobasuki 02 Study Tour ke PT Dua Kelinci


20151219091358Pagi ini memang tidak seperti biasanya. Di jalanan depan SD Mintobasuki 02 berjajar 9 bis mini yang akan mengangkut para siswa ke lokasi study tour. Murid-murid yang sudah menunggu sejak jam 08.00 tadi merasa tidak sabaran untuk segera diberangkatkan. Nampak pula dalam rombongan ini para wali murid, khususnya wali murid kelas 1 dan 2. Wali murid memang diperbolehkan ikut dalam program study tour ini agar bisa ikut memantau putra-putrinya selama kegiatan berlangsung. Setelah persiapan selesai, rombongan pun diberangkatkan.

Ini adalah kali pertama SD Mintobasuki 02 mengadakan study tour ke Pabrik Kacang Dua Kelinci yang berlokasi di Jl Raya Pati-Kudus KM 6,3 Pati. Diharapkan dengan adanya program study tour ini para siswa memiliki wawasan baru tentang dunia industri. Proses belajar mengajar memang tidak harus melulu di bangku kelas, namun juga perlu pengenalan dan interaksi langsung ke lapangan.
Sebelum para siswa diperkenalkan lebih jauh tentang Pabrik Kacang Dua Kelinci, mereka diminta oleh pihak manajemen perusahaan untuk foto bersama sebagai dokumentasi. Selanjutnya para siswa dan orang tua murid dipersilahkan untuk memasuki ruangan serbaguna yang ada di komplek pabrik.

Di sini panitia penerima tamu dari PT Dua Kelinci melakukan presentasi dan pengenalan secara singkat tentang produk-produk PT Dua Kelinci. Mereka disuguhi video yang menggambarkan proses produksi di PT Dua Kelinci melalui proyektor. Durasinya tidak lama, cuma sekitar 15 menit. Acara kemudian dilanjutkan dengan sedikit hiburan dan mendatangkan 2 badut kelinci yang menjadi mascot PT Dua Kelinci. Kemudian foto-foto bareng mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Termasuk juga foto bersama staf dan pengajar SD Mintobasuki 02.

Setelah acara indor selesai, dilanjutkan plant tour, jalan-jalan ke lokasi pabrik. Di sini para murid bisa melihat alur proses produksi kacang garing merk Dua Kelinci dari mulai bahan baku datang sampai proses pengemasan. Para rombongan bisa mendapatkan penjelasan lebih lanjut dari para pemandu yang menemani mereka selama plant tour. Dalam acara plant tour ini para pengunjung tidak dibenarkan untuk mengambil gambar/video untuk keperluan apa pun, makan dan minum di ruangan pabrik, dan menyentuh mesin apa pun yang ada di pabrik dengan alasan keselamatan. Para pengunjung pun disuruh untuk mengenakan penutup kepala dan masker yang disediakan oleh panitia.
Selepas plant tour yang berlangsung sekitar 20 an menit, dilanjutkan dengan belanja bersama di kios Warung Pati yang khusus menjual produk-produk PT Dua Kelinci. Para siswa dan orang tua pun banyak memborong oleh-oleh dari sana. Sebagian pengunjung lainnya beristirahat.

Sebelum pulang, rombongan study tour menikmati makan siang di kantin pabrik yang menyediakan aneka menu makanan. Setelah semua proses terlewati, rombongan pun pulang kembali. Para murid nampak puas dan senang dengan acara study tour kali ini.
20151219082628.jpg20151219110353.jpg 20151219090635.jpg 20151219092510.jpg
(lau)

0 komentar:

Posting Komentar

 
*MUTIARA HADITS NABI SHOLLALLOHU 'ALAIHI WA SALLAM* Abu Sa'id al-Khudri mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda, "Apabila seorang hamba (manusia) masuk Islam dan bagus keislamannya, maka Allah menghapuskan darinya segala kejelekan yang dilakukannya pada masa lalu. Sesudah itu berlaku hukum pembalasan. Yaitu, suatu kebaikan (dibalas) dengan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat; sedangkan kejelekan hanya dibalas sepadan dengan kejelekan itu, kecuali jika Allah memaafkannya."(HR BUKHARI) Anas رضي الله عنه mengatakan bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda, "Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah' dan di dalam hatinya ada kebaikan (7 - di dalam riwayat yang mu'alaaq: iman [17] ) seberat biji gandum. Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di dalam hatinya ada kebaikan seberat biji burr. Dan, akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di hatinya ada kebaikan seberat atom."(HR BUKHARI)