*** SELAMAT DATANG *** Ini adalah blog pribadi yang dikelola secara independen oleh Netter desa Mintobasuki kec. Gabus kab. Pati. Blog Mintobasuki Gabus Pati bukanlah blog resmi pemerintahan desa Mintobasuki. Blog ini tidak ada hubungan dalam bentuk apa pun dengan organisasi, kelompok dan kepentingan tertentu di desa Mintobasuki. Artikel-artikel yang disajikan adalah tulisan lepas yang berisi uneg-uneg, ide, pemikiran, opini pribadi penulis dan pernik-pernik terkait desa Mintobasuki.

Kamis, 10 Desember 2015

Musim Penghujan Telah Tiba


20151212110928.jpgMusim penghujan memang kadang dating terlambat, padahal bumi yang kering sudah berharap siraman airnya yang menyejukkan. Rerumputan yang mengering, pepohonan yang meranggas dan satwa-satwa yang kehausan seolah sudah tak sabar menanti tetesan air dari langit. Mereka sudah rindu aroma tanah kering yang terbasahi derasnya hujan.
Desember –orang bilang “Gedhe-gedhene sumber “ (paling besarnya sumber air)- tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika pada umumnya bulan November sudah mulai sering turun hujan, bahkan beberapa tahun silam sudah terjadi banjir, tetapi di tahun ini hujan baru turun di sepuluh hari pertama di bulan Desember. Mendung hitam yang bergumpal-gumpal di angkasa hanya memberi harapan – harapan saja. Sesekali sirna tersibak hembusan angina entah dibawa pergi ke bumi mana.

Kali ini hujan turun, menebarkan aroma tanah kering yang khas tatkala tersiram air. Memberi harapan-harapan baru bagi seluruh mahluk penghuni bumi. Bahwa sebentar lagi kita akan melihat bumi yang kembali menghijau, rerumputan yang basah oleh tetes-tetes embun di pagi hari dan hamparan-hamparan persawahan yang hijau menghampar bagai permadani. Sebentar lagi kita akan melihat para kadhang tani yang berjibaku dengan cangkul dan lumpur.
20151205143817.jpg 20151212063011.jpg

Sebagian warga tani di desa kita telah menggarap sawahnya sejak sebulan atau dua bulan yang lalu. Mereka sudah menyemai dan menanami sawah mereka sebelum penghujan tiba, dengan harapan ketika tiba musim penghujan tanaman padi mereka sudah memasuki usia pertengahan. Dengan bergotong royong mereka memperbaiki sarana pengairan sawah. Dengan menggunakan mesin pompa air mereka mengairi lahan, menggarap sawah, menabur benih, mengolah lahan dan menanaminya. Kurang dua bulan lagi mereka sudah bisa panen raya. Sementara sebagian warga yang mengalami keterbatasana pengairan dan hanya mengandalkan pengairan dari air hujan nampaknya harus sabar menanti musim penghujan tiba.

Harapan kita, semoga musim penghujan yang membawa rahmat dan kemakmuran segera tiba. Semoga membawa berkah bagi kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar

 
*MUTIARA HADITS NABI SHOLLALLOHU 'ALAIHI WA SALLAM* Abu Sa'id al-Khudri mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda, "Apabila seorang hamba (manusia) masuk Islam dan bagus keislamannya, maka Allah menghapuskan darinya segala kejelekan yang dilakukannya pada masa lalu. Sesudah itu berlaku hukum pembalasan. Yaitu, suatu kebaikan (dibalas) dengan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat; sedangkan kejelekan hanya dibalas sepadan dengan kejelekan itu, kecuali jika Allah memaafkannya."(HR BUKHARI) Anas رضي الله عنه mengatakan bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda, "Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah' dan di dalam hatinya ada kebaikan (7 - di dalam riwayat yang mu'alaaq: iman [17] ) seberat biji gandum. Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di dalam hatinya ada kebaikan seberat biji burr. Dan, akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di hatinya ada kebaikan seberat atom."(HR BUKHARI)