*** SELAMAT DATANG *** Ini adalah blog pribadi yang dikelola secara independen oleh Netter desa Mintobasuki kec. Gabus kab. Pati. Blog Mintobasuki Gabus Pati bukanlah blog resmi pemerintahan desa Mintobasuki. Blog ini tidak ada hubungan dalam bentuk apa pun dengan organisasi, kelompok dan kepentingan tertentu di desa Mintobasuki. Artikel-artikel yang disajikan adalah tulisan lepas yang berisi uneg-uneg, ide, pemikiran, opini pribadi penulis dan pernik-pernik terkait desa Mintobasuki.

Senin, 23 Februari 2015

Lima Minggu Menuju Pilkades


1959251_1539017286351652_900812900571392724_nPilkades (Pilihan Kepala Desa) yang dijadwalkan pada tanggal 28 Maret 2015 yang akan datang sudah disambut dengan demikian antusias oleh masing-masing calon dan pendukungnya. Masing-masing kandidat berusaha menarik simpati warga sebanyak-banyaknya agar memenangkan pencoblosan mendatang. Masing-masing calon memiliki trik dan cara untuk memenangkan pemilihan. Terkadang para calon maupun sabet (pendukung) mendatangi rumah – rumah warga untuk meminta dukungan.
Suhu politik desa Mintobasuki pun mulai menghangat. Para pendukung kedua calon bekerja keras untuk melakukan sosialisasi program-program dan rencana kedepan jika calon yang diusungnya memenangkan Pilkades. Mereka mencoba meyakinkan para calon pemilih bahwa kandidat yang diusungnya yang merupakan figur terbaik dan akan membawa perubahan kedepan yang lebih baik bagi warga Mintobasuki.
Dengan adanya 2 calon kandidat yang masing-masing sama kuatnya, diperkirakan hanya ada beda tipis dalam perolehan suara nanti. Bapak Santoso warga dukuh Koripan, pernah menjabat kepala desa Mintobasuki sekitar periode 1992 – 1999 kini ikut serta dalam Pilkades tahun ini. Sedangkan lawannya adalah Ibu Dwi Kadariyatun yang saat ini akan habis masa jabatannya sebagai Kades Mintobasuki periode 2008-2015 sebagai pesaingnya.
Ada yang berbeda antara Pilkades tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu tidak lagi menggunakan gambar tanaman untuk pencoblosan tetapi langsung foto dari para kandidat. Demikian pula mengenai jumlah kandidat, minimal 2 orang dan maksimal 5 orang. Demikian pula mengenai masa kampanye, Tim Pilkades memberikan waktu tiga hari, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya satu hari. Adapun gambar-gambar yang dipasang di sudut-sudut desa dan tempat-tempat umum bukanlah bentuk kampanye akan tetapi sosialisasi agar dikenal warga yang akan menjadi calon pemilih. Pilkades tahun ini dilakukan secara serentak di Kab pati sebagaimana keputusan Pemkab. Adapun masa jabatan Kades yang telah habis sebelum tahun 2015, maka posisi Kades digantikan oleh Penjabat Kades selama 6 bulan kedepan yang salah satu tugasnya adalah memfasilitasi terselenggaranya Pilkades 2015. Dan jika dalam masa 6 bulan tersebut Pilkades belum juga terselenggara, maka masa jabatannya diperpanjang 6 bulan lagi. Dan selebihnya dari masa tersebut, penjabat Kades akan digantikan oleh PNS.
Harapannya, siapa pun yang akan memenangkan pemilihan kepala desa nanti mesti kita dukung. Hilangkan segala bentuk kebencian antar sesama warga.

0 komentar:

Posting Komentar

 
*MUTIARA HADITS NABI SHOLLALLOHU 'ALAIHI WA SALLAM* Abu Sa'id al-Khudri mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda, "Apabila seorang hamba (manusia) masuk Islam dan bagus keislamannya, maka Allah menghapuskan darinya segala kejelekan yang dilakukannya pada masa lalu. Sesudah itu berlaku hukum pembalasan. Yaitu, suatu kebaikan (dibalas) dengan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat; sedangkan kejelekan hanya dibalas sepadan dengan kejelekan itu, kecuali jika Allah memaafkannya."(HR BUKHARI) Anas رضي الله عنه mengatakan bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda, "Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah' dan di dalam hatinya ada kebaikan (7 - di dalam riwayat yang mu'alaaq: iman [17] ) seberat biji gandum. Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di dalam hatinya ada kebaikan seberat biji burr. Dan, akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan melainkan Allah', sedang di hatinya ada kebaikan seberat atom."(HR BUKHARI)